Cari Blog Ini

Selasa, 20 April 2010

Pengaruh Guru Profesional Terhadap Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam

Keberhasilan proses belajar mengajar sangat bergantung kepada guru yang profesional. Proses belajar mengajar tidak akan membawa hasil yang menggembirakan bila dilakukan oleh guru yang tidak kompeten dan profesional. Pekerjaan yang bersifat profesional ini adalah pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh mereka yang secara khusus dipersiapkan untuk itu, baik melalui proses pendidikan maupun pelatihan.

Semakin tinggi tingkat pendidikan yang harus dipenuhinya, maka semakin tinggi pula derajat profesi yang diembannya, yang pada akhirnya semakin tinggi pula kualitas peserta didik yang dihasilkan. Oleh karena itu, jabatan guru tidak boleh diberikan kepada orang yang belum memenuhi standar kompetensi profesional, serta mereka yang karena tidak memperoleh pekarjaan lain. Apabila jabatan guru dianggap suatu pekerjaan yang mudah dilakukan oleh siapa saja dan tidak perlu memenuhi standar kompeten dan profesional, maka tidak akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan atau bahkan tidak ada hasil yang diperoleh dari proses pendidikan tersebut.

Demikian halnya dengan pendidikan agama Islam. Mutu pendidikan Agama Islam akan bagus, tujuan pendidikan Agama Islam yakni melahirkan generasi yang senantiasa beriman dan beribadah serta bertaqwa kepada Allah SWT. akan tercapai bila tugas ini dilakukan oleh guru-guru yang profesional pula.

Ada beberapa pengaruh guru profesional terhadap proses belajar mengajar pendidikan Agama Islam yakni :
a. Kurikulumnya tersusun dengan baik (berbasis ummat), yakni penyusunan kurikulum tidak asal-asalan, tapi berdasarkan kebutuhan ummat.
b. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) akan berjalan dengan baik dan lancar bila dilaksanakan oleh guru yang profesional, karena dia tahu betul seluk beluk dalam kegiatan belajar mengajar yang sebenarnya.
c. Tujuan pembelajaran yang dicita-citakan yakni menanamkan tauhid atau keimanan, amal yang shaleh serta mencapai derajat taqwa akan tercapai oleh peserta didik bila tugas berat ini dilakukan oleh guru profesional.
d. Mutu pendidikannya akan terjamin baik.
e. Melahirkan peserta didik yang berkualitas tinggi dan bisa berkompetisi di masyarakat.
f. Dan pada akhirnya, lembaga pendidikan yang dikelola oleh guru yang profesional akan menjadi pendidikan unggulan yang mana seluruh umat berbondong-bondong menyekolahkan anaknya dilembaga tersebut.

Untuk itu, agar pendidikan Islam lebih bermutu dan melahirkan peserta didik yang berkualitas dan berprestasi serta gemar dan istiqomah dalam melaksanakan syari’at Allah SWT. maka diperlukan kehadiran guru yang profesional. Apapun yang diajarkan seorang guru terhadap peserta didiknya harus diyakini kebenarannya oleh guru tersebut. Dan seorang guru yang profesional bukan hanya ahli dalam menyampaikan pelajaran kepada peserta didiknya saja, tetapi ahli, gemar serta istiqomah pula dalam mengaplikasikan ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Wallahu’alam

Tidak ada komentar: