Cari Blog Ini

Kamis, 15 April 2010

Pengertian Pendidikan

Secara etimologi pendidikan berasal dari kata mendidik, yaitu mengasuh anak; membimbing ke arah yang lebih baik; memajukan mental; keindahan fisik atau perkembangan moral. Atau memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut Jhon Dewey pendidikan adalah suatu proses pengalaman yang harus terus menerus, termasuk perbaikan dan penyusunan kembali pengalaman, karena kehidupan itu adalah merupakan pula proses pertumbuhan. Maka pendidikan membantu pertumbuhan atau kehidupan yang tepat tanpa dibatasi oleh usia. (A. Muri Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan)

Ahmad Tafsir dalam bukunya “Metodologi Pengajaran Agama Islam” mendefinisihkan bahwa pendidikan adalah usaha meningkatkan diri dalam segala aspeknya, mencakup kegiatan pendidikan yang melibatkan guru maupun yang tidak melibatkan guru (pendidik); mencakup pendidikan formal maupun non formal.

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

Sedangkan menurut Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah : Usaha meningkatkan, mendewasakan dan mengembangkan potensi diri seorang atau sekelompok orang dalam segala aspek kehidupan, secara terencana dan terus menerus, dilakukan sendiri atau melalui bantuan orang lain (guru), baik melalui pendidikan sekolah (pendidikan formal) maupun pendidikan luar sekolah (pendidikan non formal), selama hidup di dunia.

Pendidikan bagi manusia merupakan kebutuhan yang mutlak dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan mustahil manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan cita-cita mereka untuk maju dan sejahtera. Pendidikan juga merupakan sarana pembudayaan dan peningkatan kualitas manusia, meskipun dengan sistem dan metode yang berbeda-beda sesuai dengan taraf hidup dan budaya masing-masing. Dengan pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia berkualitas, bertanggung jawab dan mampu mengantisipasi masa depan. Upaya pendidikan senantiasa menghantar, membimbing perubahan dan perkembangan hidup serta kehidupan umat manusia agar lebih baik dimasa sekarang mapun masa depan.

Wallahu a’lam.

Tidak ada komentar: